Inilah Kiat Sukses Dalam Mengembangkan Bisnis UKM Yang Patut Anda Teladani

Inilah Kiat Sukses Dalam Mengembangkan Bisnis UKM Yang Patut Anda Teladani

Setiap hari semakin banyak saja bisnis UKM yang bermunculan untuk meramaikan persaingan pasar. Namun, tidak semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses, karena tidak memiliki rencana dan pertimbangan yang matang sebelum memulai bisnis.

Kebanyakan orang ingin mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis UKM ini, namun nyatanya mereka tidak menggunakan strategi dana sistem administrasi yang baik, sehingga yang terpenting hanyalah bisnis tetap berjalan dan penghasilannya dapat memenuhi kehidupan sehari-hari.

Hal tersebutlah yang mengakibatkan bisnis UKM Anda hanya berjalan di tempat saja alias tidak berkembang dan pada akhirnya bisnis Anda akan mengalami kebangkrutan karena tersingkirkan oleh persaingan pasar. Padahal jika dikelola secara maksimal, bukan tidak mungkin usaha UKM Anda dapat menjadi bisnis industri yang besar dan memiliki cabang dimana-mana.

Inilah Kiat Sukses Dalam Mengembangkan Bisnis UKM Yang Patut Anda Teladani
Inilah Kiat Sukses Dalam Mengembangkan Bisnis UKM Yang Patut Anda Teladani

Nah, bagi Anda yang sedang mencari kiat-kiat untuk mengembangkan bisnis, berikut akan disajikan informasi menariknya untuk Anda.

  1. Jadilah pemimpin yang baik
    Di dalam bisnis UKM yang Anda jalankan, tentunya yang berperan sebagai pemimpin adalah Anda sendiri. Untuk itu, jadilah pemimpin yang baik dan memiliki visi misi yang jelas agar dapat meraih keuntungan yang maksimal.
    Bidiklah target dengan tepat agar tujuan dari berdirinya bisnis UKM ini dapat terwujud dengan cepat. Dengan adanya tujuan dan target bisnis, maka ke depannya bisnis Anda akan semakin terarah dan maju.
  2. Kelola bisnis secara profesional
    Meskipun bisnis Anda masih berskala kecil, namun tidak ada salahnya untuk mengelola secara profesional. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kaget jika suatu saat bisnisnya berkembang dengan pesat.
    Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda memerlukan SDM yang potensial untuk membantu segala pekerjaan pada bisnis yang dijalankan. Dengan adanya tenaga kerja ini, maka Anda bisa fokus dalam merencanakan perkembangan bisnis dan juga pembagian tugas menjadi lebih jelas.
  3. Pisahkan antara uang usaha dengan uang keluarga
    Hal inilah yang sering terlupakan oleh pelaku bisnis, dimana antara uang usaha dengan uang keluarga seringnya dicampur. Uang yang dicampuradukkan ini akan membuat Anda bingung sendiri dan tidak dapat menentukan berapa pendapatan usaha selama periode tertentu.
    Nah, agar dapat mengetahui lebih rinci berapa total pendapatan dalam satu periodenya, maka pisahkanlah antara uang usaha dengan uang keluarga. Jangan lupa pula untuk membuat pembukuan agar semua transaksi bisnis dapat tercatat secara rapi dan mudah dalam pengawasannya.
  4. Gunakan strategi pemasaran yang paling jitu
    Strategi pemasaran merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan perusahaan. Untuk itu, Anda harus membuat strategi pemasaran yang paling jitu, misalnya saja dengan membuka mini display atau menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas.
  5. Terus berinovasi
    Persaingan pasar semakin ketat saja setiap harinya. Tentu melakukan inovasi produk merupakan keharusan bagi Anda agar tidak tersaingi dengan produk yang lainnya. Bila perlu Anda membuat suatu produk yang unik dan belum pernah dibuat oleh siapa pun. Dengan begitu semakin banyak konsumen yang membeli produk Anda.

Kemajuan suatu bisnis harus diimbangi juga dengan pembayaran Pajak UKM secara teratur setiap bulannya. Bisnis Anda tidak akan berjalan secara lancar jika pembayaran pajak tidak dilakukan secara teratur.

Besarnya Pajak UKM ini pun tidak memberatkan bagi pelaku bisnis, karena besarnya hanya 1% dari omzet per bulan.

Jadi tidak ada alasan untuk telat dalam membayar Pajak UKM. Setiap warga negara yang memenuhi syarat Wajib Pajak harus membayar pajak.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *