Manajemen Perpajakan Bagi Karyawan

Manajemen Perpajakan Bagi Karyawan

Karyawan yang memiliki jumlah penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) mempunyai kewajiban untuk membayarkan pajak sesuai dengan perhitungan pajak penghasilan. Ketentuan ini sudah merupakan kewajiban yang diatur dalam perundang-undangan pajak Indonesia tepatnya Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor Per-32/PJ/2015 (PTKP terbaru). Namun, dalam pelaksanaannya karyawan atau pegawai harus melaporkan harta kekayaan yang dimiliki dan menghitung pajaknya sendiri (jika karyawan bekerja lebih dari 1 perusahaan).

Manajemen Perpajakan Bagi Karyawan
Manajemen Perpajakan Bagi Karyawan

Kemudahan Menghitung Pajak dengan Aplikasi Online

Seiring berkembangnya teknologi saat ini kita dapat kemudahan untuk melakukan penghitungan pajak yaitu dengan aplikasi perhitungan pajak, aplikasi PPh 21. Kita dapat melaporkan harta kekayaan yang kita miliki, melakukan perhitungan tanggungan pajak, serta mendapatkan bukti laporan SPT Masa PPh21, serta bukti potongannya secara online tanpa perlu ragu dengan kerahasiaannya.

Aplikasi perhitungan pajak ini memiliki fitur-fitur untuk menghitung gaji karyawan tetap maupun karyawan tidak tetap (berkesinambungan atau tidak berkesinambungan), BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, penghitungan gaji kotor dan bersih (yang menerima tunjangan pajak), bonus, dan sebagainya. Aplikasi yang terpercaya ini merupakan mitra kerja resmi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya.

Manfaat yang didapatkan dari aplikasi aplikasi PPh 21 antara lain:

  1. Perhitungan PPh 21 dan gaji bersih secara otomatis dan akurat secara online sesuai sistem standar seharusnya
  2. Fitur memasukan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, metode gross dan gross-up (karyawan tetap maupun karyawan tidak tetap / berkesinambungan dan tidak berkesinambungan)
  3. Pembatasan akses aplikasi PPh 21 bagi divisi HR / Payroll
  4. Pembuatan slip gaji elektronik secara otomatis
  5. Sistem akses kolom Excel untuk SPT masa PPh 21 secara otomatis
  6. Sistem akses formulir 1721-A1 secara otomatis
  7. Terjamin karena merupakan aplikasi resmi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
  8. Multi-users dan multi-companies
  9. ID bling untuk melakukan setor dan pelaporan pajak online

Penghitungan Pajak Karyawan Perusahaan

Bagi perusahaan besar yang memiliki sumber daya manusia yang banyak juga perlu melakukan penghitungan gaji serta menyesuaikan pajak yang akan ditanggung oleh masing-masing pegawai / karyawannya. Tanggungjawab ini diserahkan pada Human Resource (HR) perusahaan yang berkaitan. Software HR atau payroll system sepertiĀ Sleekr ini sudah mulai banyak digunakan berbagai perusahaan untuk mempermudah penghitungan gaji karyawan serta mengoptimalkan pembayaran gaji. Selain itu penggunaan payroll system ini bisa menghemat penggunaan waktu penghitungan serta lebih efisien dan fleksibel.

Dengan adanya software ini membantu perusahaan untuk mempercepat proses penghitungan gaji oleh HR serta bisa meminimalkan pegawai HR sehingga menghemat pengeluaran upah dari perusahaan untuk mempekerjakan HR. Dengan keuntungan yang didapatkan tersebut sudah selayaknya perusahaan menggunakan software HR ini yang dijual dengan berbagai tarif yang berbeda sesuai dengan fasilitas serta keunggulan software itu sendiri.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *